Peliharalah hubungan-hubungan penting dalam hidup Anda. Sekarang, lebih dari sebelumnya, tetap terhubung adalah penting. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman akan membantu Anda tetap positif, sehat, dan penuh harapan. Kadang-kadang, sebagai seorang penyandang disabilitas, anda mungkin membutuhkan pundak untuk menangis atau seseorang untuk curhat kompasiana. Tetapi jangan mengabaikan pentingnya mengesampingkan kecacatan Anda dari waktu ke waktu dan hanya bersenang-senang.

Bergabung dengan kelompok pendukung disabilitas

Salah satu cara terbaik untuk memerangi kesepian dan isolasi adalah dengan berpartisipasi dalam kelompok pendukung bagi orang-orang yang menghadapi tantangan serupa. Anda akan segera menyadari bahwa Anda tidak sendirian. Hanya saja realisasi itu berjalan jauh. Anda juga akan mendapat manfaat dari kearifan kolektif grup. Kelompok pendukung adalah tempat yang tepat untuk berbagi perjuangan, solusi, dan dorongan.

Menerima bantuan tidak membuat Anda lemah

 Bahkan, itu bisa membuat Anda lebih kuat, terutama jika penolakan Anda untuk mencari bantuan yang dibutuhkan menunda kemajuan Anda atau membuat Anda lebih buruk, baik secara fisik maupun emosional. Lepaskan rasa takut bahwa meminta dukungan akan menginspirasi belas kasihan. Biarkan orang-orang yang peduli dengan Anda masuk. Anda tidak hanya akan mendapat manfaat, tetapi juga membuat mereka merasa lebih baik!

Pertimbangkan untuk berbicara dengan profesional untuk kesehatan mental

Memiliki seseorang untuk diajak bicara tentang apa yang Anda alami dapat membuat perbedaan besar. Meskipun orang yang dicintai dapat memberikan dukungan hebat dengan cara ini, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk berbicara dengan terapis. Terapis yang tepat dapat membantu Anda memproses perubahan yang Anda hadapi, mengatasi kesedihan Anda, dan membingkai ulang pandangan Anda dengan cara yang lebih positif dan realistis.

Selain itu, cobalah untuk menemukan hal-hal untuk dilakukan yang memberi Anda makna dan tujuan. Kecacatan dapat menghilangkan banyak aspek identitas Anda, membuat Anda mempertanyakan siapa diri Anda, apa nilai Anda, dan di mana Anda cocok dalam masyarakat. Sangat mudah untuk mulai merasa tidak berguna dan kosong, terutama jika Anda tidak dapat melakukan pekerjaan atau kegiatan yang sama seperti sebelumnya. Itulah mengapa penting untuk menemukan hal-hal baru yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri — hal-hal yang memberi Anda arti dan tujuan yang diperbarui.